Kebersihan Tempat Kerja


Tempat kerja yang bersih, rapi dan nyaman merupakan hal yang penting untuk membuat kerja kita menjadi lebih efisien. Kebersihan tempat kerja juga sangat terkait dengan program sistem management lingkungan. Dengan adanya tempat kerja yang bersih berarti di lokasi kerja kita terbebas dari sampah-sampah sehingga para pekerja menjadi nyaman ketika berkerja.

Pada saat melakukan kegiatan kebersihan, berarti anda telah melakukan pengontrolan barang-barang yang tidak digunakan di tempat kerja anda. Tempat kerja yang baik itu mempunyai beberapa alat yang lengkap untuk perkerjasanya. Misalkan seorang Penulis, ruang kerja yang bagus untuk dia adalah rungan yang terang, nyaman, dan tidak bising. Karena apabila seorang penulis mempunyai tempat kerja yang bising maka konsentrasinya akan sediit terganggu. Oleh sebab itu carilah tempat kerja yg kondusif dan bersih sehingga dapat menunjang kerja anda menjadi lebih baik.

Langkah-langkah yang dapat menunjuang kebersihan tempat kerja :

1. Kebersihan merupakan tanggung jawab karyawan.

Seorang karyawan mempunyai tangung jawab atas tempat kerjanya sendiri, terutama pada tempat meja kerjanya sendiri. Tanggung jawab itu merupakan hal yang harus dipenuhi oleh setiap karyawan karena setiap karyawan mempunyai kebutuhan tempat kerja yang berbeda-beda.

2. Membuat  karyawan mempunyai sifat petugas kebersihan.

Hal ini merupakan hal yang wajib ditanamkan ke diri seorang karyawan, agar nantinya tempat kerja akan selalu bersih dan rapi. Menanamkan sifat ini ke karyawan tidak terlalu sulit karena menjadi petugas kebersihan itu tidaklah sulit. Apabila disuatu tempat kerja itu karyawannya sudah mempunyai sifat seperti di atas, maka tempat kerja tersebut pasti akan sangat  bersih dan rapi sehingga membuat para karyawan menjadi betah untuk terus berkerja.

3. Melakukan kegiatan bersih-bersih tempat kerja minimal 3 menit dalam satu hari.

Walaupun bersih bersih dalam waktu 3 menit saja itu sangat bermanfaat bagi kita, bersih-bersih itu seperti merapikan kabel-kabel yang berantakan, menyusun buku-buku yang kurang rapi dan membuang segala benda-benda yang tidak terpakai dari meja tempat kerja mu.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaan untuk kalian semua.
Previous
Next Post »