Tips Bangun Rumah dengan Waktu Cepat



Segala sesuatu tentu memerlukan waktu dan proses. Terutama, jika Anda menginginkan hasil yang maksimal, tentu memerlukan proses yang matang dan membutuhkan waktu yang dapat dikatakan tidak sebentar pula. Sama halnya dengan membangun rumah. Waktu yang digunakan untuk membangun rumah bisa memakan waktu sampai berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Tentu Anda menginginkan rumah Anda agar dapat dengan segera ditinggali, apalagi jika kebutuhannya cukup mendadak.

Namun satu hal yang pasti, semakin lama waktu pembangunannya, tentu semakin banyak uang yang dikeluarkan. Begitu pula sebaliknya, semakin cepat maka semakin sedikit pula uang yang perlu dikeluarkan. Hal ini karena setiap harinya selama masa pembangunan, Anda juga harus membayar jasa tukang bangunan yang Anda gunakan untuk membangun rumah.

Kemudian, pertanyaannya adalah bagaimana caranya agar dalam membangun rumah, Anda bisa menghemat waktu sehingga juga bisa menghemat biayanya? Ternyata, ada beberapa alternatif material bahan bangunan yang bisa Anda pilih untuk menghemat waktu. Karena beberapa materia tersebut cara pemasangannya dapat dilakukan dengan mudah. Mulai dari lantai, dinding, sampai atap pun bisa Anda pilih untuk membuat proses pembangunan rumah lebih cepat. Sebelum Anda membeli material untuk membangun rumah, Anda bisa mempertimbangkan beberapa di bawah ini.

Lantai Panel Beton Ringan

Daripada Anda menggunakan beton yang dibuat dan dicetak dengan cara yang konvensional yang masih menggunakan adonan beton cair sebagai bahan utamanya, ada opsi lain yang bisa Anda pilih. Misalnya Anda menggantinya dengan lantai panel beton ringan yang sudah dibuat dipabrifikasi. Panel-panel tersebut bisa Anda pasang di atas struktur balok penumpu sehingga bisa langsung di atasnya.

Dengan hal ini, Anda bisa menghemat waktu karena tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menunggu kering dan matangnya beton terlebih dahulu. Caranya juga lebih mudah karena Anda tinggal memasangnya saja. Namun, karena panel beton ini dibuat dengan melalui proses di dalam pabrik, maka ukuran dan bentuknya cukup besar. Untuk menyusunnya, Anda membutuhkan banyak orang atau bahkan membutuhkan mesin atau alat pengangkut khusus dalam proses pemasangan panel beton tersebut.

Sistem Dinding Drywall

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan dinding dengan sistem dinding kering atau yang biasa sering disebut dengan drywall. Karena jika dibandingkan dengan batu bata biasa yang membutuhkan air untuk prosesnya, drywall tidak akan meninggalkan jejak adukan semen yang berceceran dan berantakan. Kemudian, pemasangannya yang cukup mudah dan praktis ini membuat pembangunan rumah tidak memakan waktu lama, bahkan jika dibandingkan dengan cara konvensional, bisa empat kali lebih cepat! Tak hanya hemat dalam hal waktu, Anda juga tidak membutuhkan banyak tenaga tukang.

Dengan menggunakan drywall, Anda sudah berperan dalam menyelamatkan lingkungan karena drywall merupakan bahan yang bisa didaur ulang dan juga terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. Beberapa negara juga sudah menggunakan drywall untuk bangunan-bangunan baru dan menghindari batu bata.

Rangka Atap Baja Ringan dan Atap Lembaran


Dengan menggunakan sistem rangka atap baja ringan, Anda bisa menghemat waktu karena pemasangannya sangat singkat. Kurang lebih hanya sekitar tiga sampai empat hari kerja. Apalagi, jika atap yang digunakan dalam bentuk lembaran sehingga pemasangannya lebih mudah dan cepat menutupi bagian permukaan atap. Anda juga tidak meninggalkan sisa-sisa potongan sehingga meninggalkan sampah bangunan. Atap jenis ini juga mampu bertahan sampai dengan 10 tahun karena struktur dan bahannya yang kuat. 
Previous
Next Post »