5 Cara Menjaga Berat Badan Ideal Bayi


Kehadiran buah hati di tengah-tengah keluarga tentu menjadi penyempurna kebahagiaan dalam sebuah rumah tangga. Apalagi jika kali ini merupakan kelahiran anak pertama, pasti rasa haru dan bahagia turut bercampur menjadi satu. Menjadi orang tua baru menuntut Anda untuk lebih perhatian terhadap banyak hal, terutama semua hal yang berhubungan dengan si kecil. Mulai dari pemberian ASI ekslusif hingga menjaga berat badan ideal bayi.

Berat badan pada bayi memang masih sering berubah-ubah dan ini wajar karena setiap anak yang sedang mengalami masa transisi pun juga demikian. Meski begitu, Anda harus tetap mengupayakan agar berat badan bayi selalu ideal. Ini penting bagi pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan supaya berat badan ideal bayi senantiasa terjaga.

Berikan ASI Ekslusif
Walaupun baru menjadi seorang ibu, tentu Anda sudah sangat paham bahwa ASI adalah makanan utama bayi. Oleh karena itu usahakan untuk memberikan ASI ekslusif pada si kecil. Apalagi saat anak berusia 0-6 bulan, dimana anak belum boleh diberi makanan selain ASI. Sehingga sumber makanan dan nutrisi bayi hanyalah ASI.

Pertahankan Kualitas ASI
Benar Anda harus memberikan ASI ekslusif untuk si kecil. Namun pastikan bahwa ASI yang diminum bayi adalah ASI yang berkualitas. Cara menjaga kualitas ASI ini bisa dimulai dengan mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi tinggi. Sebab apa-apa yang dimakan dan diminum seorang ibu sangat berpengaruh terhadap kualitas ASI yang dihasilkan. Karena itu sebisa mungkin hindari mengonsumsi makanan cepat saji atau berpengawet dan ganti dengan perbanyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Lakukan Pijat Bayi
Bukan hanya orang dewasa yang merasa nyaman ketika dipijat. Akan tetapi bayi pun demikian. Bahkan dengan memijat bayi ini dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga berat badan ideal bayi. Saat bayi dipijat, maka sirkulasi darah pada tubuh si kecil akan semakin lancar. Selain itu, pemberian pijatan pada bayi akan membuat tubuh mudah menyerap ASI maupun susu formula yang telah diminum si kecil.

Jangan Memberikan Jus Buah
Sebagai seorang ibu tentu Anda selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anak. Berbagai hal dilakukan agar anak tumbuh sehat dan cerdas. Salah satunya adalah berupaya memberikan asupan nutrisi yang menyehatkan, seperti jus buah. Namun tahukah Anda bahwa memberikan jus buah pada anak tidak selalu dianjurkan (kecuali ada beberapa kondisi yang mengharuskan untuk memberikan serat tambahan untuk bayi).

Oleh karena itu hindari memberikan jus buah saat usia bayi belum genap 6 bulan. Apalagi jika yang diberikan adalah jus buah kemasan. Jus ini mempunyai kandungan gula yang tinggi dan tidak baik untuk kesehatan bayi. Sementara itu, ketika anak sudah berusia 6 bulan, Anda bisa memberikan jus buah sebanyak 4 ons atau 118 ml per harinya.

Perhatikan Jam Tidur Bayi
Sama seperti orang dewasa, bayi juga membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Ukuran cukup dan tidaknya ini tentu saja berbeda dengan ukuran cukup orang dewasa. Dalam hal ini Anda harus tahu kapan harus mengajak si kecil bermain dan kapan si kecil harus tidur. Bayi dengan kualitas tidur yang baik akan memiliki berat badan yang ideal.

Demikian 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga berat badan ideal bayi. Berat badan ideal menjadi salah satu tanda bahwa bayi mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang normal dan sehat.


Semoga informasi di atas bermanfaat ya.
Previous
Next Post »