Bingung Memilih Pakaian Batik? Simak Kiat-Kiat Memilih Pakaian Batik Berikut Ini


Hingga kini batik masih menjadi pilihan bagi banyak orang. Hal ini tidak terlepas dari motif-motif batik modern yang bervariasi dan cocok dikenakan oleh siapapun. Apalagi jika ingin mendatangi acara-acara formal, maka batiklah yang ada di urutan pertama. Lebih dari itu, batik adalah warisan budaya Indonesia, jadi sudah seharusnya kita menghargai warisan budaya dengan mengenakannya dalam berbagai kesempatan. Menariknya lagi, estetika dari batik tersebut menjadikan penampilan kita lebih menarik.

Meski semua motif-motif batik bisa dengan mudah dipadukan, tapi adakalanya kita salah dalam membeli pakaian batik. Terutama perihal ukurannya. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui kiat-kiat dalam memilih pakaian batik.

Pemilihan Bahan
Bahan batik ada yang menggunakan kain sutra maupun kain katun biasa. Semua bahan memiliki kelebihan masing-masing. Bahan sutra adalah yang paling berkualitas dan tentu saja harganya lebih tinggi. Sebelum membeli pakaian batik, ada baiknya kita menyiapkan budget terlebih dulu. Dari sini kita bisa membuat gambaran tentang batik yang nantinya akan dibeli. Apabila memiliki budget lebih, mungkin kita bisa membeli batik berbahan sutra. Tapi sebaliknya, jika ingin berhemat kita bisa membeli batik berbahan katun.

Warna Batik
Setelah bahan, kini kita harus mempertimbangkan pemilihan warna batik. Batik umumnya menerapkan warna ‘tanah’ dan warna/motif/corak. Namun dalam pemilihan warna ini kita hanya perlu fokus pada warna dasar kain batik tersebut. Sebab warna dasar ini akan kita jadikan patokan untuk memilih paduan warna pakaian lainnya.
Selain itu kita juga harus menyesuaikan acara yang akan didatangi. Apabila acaranya non-formal, kita bisa memilih batik berwarna cerah atau hidup. Untuk acara formal disarankan memilih batik yang warnanya netral dan cenderung gelap, seperti hitam atau putih.

Corak Batik
Indonesia adalah negara yang memiliki banyak suku, budaya, ras dan agama. Dari sinilah lahir motif atau corak batik yang berbeda-beda dari setiap daerah yang ada. Ini menjadi bukti bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang cerdas dan kreatif. Tangan-tangan mereka berhasil menciptakan motif atau corak batik yang cantik dan unik. Setiap daerah memiliki corak khas masing-masing. Misalnya batik motif ‘mega mendung’,  yang menjadi batik khas Trusmi Cirebon dan masih banyak lagi lainnya. Pilihlah motif atau corak batik sesuai dengan keinginan, meski begitu pastikan kita juga memperhatikan kesesuaian corak dengan warna dasar batik ya.

Ukuran Pakaian Batik
Selain hal-hal di atas, kita juga wajib mempertimbangkan ukuran pakaian. Sebenarnya perihal ukuran ini berlaku untuk semua pakaian (atasan – bawahan). Untuk itu, pastikan kita memilih pakaian batik modern yang ukurannya sesuai dengan ukuran tubuh. Jangan terlalu longgar atau terlalu ketat agar batik tetap nyaman digunakan dan kita pun lebih percaya diri saat mengenakannya.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.
Previous
Next Post »