Menyimak Manfaat Pengaplikasian Kartu E-Toll



Bepergian adalah kegiatan manusia yang sudah dilakukan sejak jaman nenek moyang. Dulunya bepergian dengan jalan kaki sudah biasa, namun seiring dengan perkembangan jaman, kini bepergian menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Namun untuk kenyamanan, orang memilih menggunakan kendaraan pribadi, seperti sepeda motor atau mobil. Maka dari itulah dibuka jalur jalan bebas hambatan yang dinamakan jalan toll. Kini jalan toll punya hal baru, yakni e-toll.

E-toll ini adalah alat pembayaran berupa kartu untuk masuk ke jalan toll. Menjadi sebuah kemudahan tersendiri bagi masyarakat atau para pengguna jalan toll, karena kartu ini sangat fleksibel dan praktis. Pengguna jalan toll tidak perlu lagi bingung dan enggan menggunakan jalan toll lagi karena faktor macet saat masuk gerbang toll.

Keberadaan e-toll ini adalah imbas dari diberlakukannya sistem GTO atau Gerbang Toll Online. Sistem ini mewujudkan sebuah gardu toll tanpa orang yang kemudian digantikan dengan mesin. Mesin khusus untuk mengaplikasikan kartu elektronik masuk toll ini.

Latar belakang munculnya sistem GTO ini adalah mengacu pada perkembangan teknologi yang memudahkan manusia dan serba guna. Selain itu, latar belakangnya adalah mengembalikan fungsi dari jalan toll sendiri yang merupakan jalan tanpa hambatan. Jika untuk membayar di gerbang toll saja sudah antri atau macet, maka pengguna jalan toll sudah merasa terhambat, karena waktu mereka tersita untuk mengantri.

Maka dari itulah diberlakukan sistem GTO oleh Jasa Marga untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan toll. Saat masuk di gerbang toll sudah lancar, maka seterusnya akan lancar dan efisiensi waktu bisa didapatkan kembali dengan seefektif mungkin.

Manfaat utama GTO
Diberlakukannya sistem GTO ini sudah pasti memberikan banyak manfaat, diantaranya ada 3 manfaat utama yakni :

1.      Menghindari penipuan

Penipuan yang dimaksud adalah penipuan terkait uang palsu. Di gerbang toll, para petugas tidak akan dibekali dengan alat pengecek keaslian uang, karena memang uang administrasi yang dibayarkan ketika masuk toll tidaklah besar. Maka dari itulah petugas akan langsung menerima uang pembayaran dari para pengguna jalan toll.

Tak jarang jika uang yang mereka berikan ternyata palsu. Inilah yang menjadi kemelut sampai saat ini. Untuk itulah diberlakukan penggunaan kartu e-toll untuk memudahkan proses transaksi petugas tidak akan menerima uang tunai, karena pengguna jalan toll menggunakan e-money yang ada di kartu elektronik tersebut.

2.      Memperlancar transaksi

Dengan adanya kartu pembayaran elektronik untuk masuk jalan toll ini, para pengguna jalan tidak perlu takut lagi macet-macetan, karena kartu mereka bisa langsung membayarkan biaya administrasi yang dibebankan.

 3.      Bebas kesalahan uang kembalian

Biaya administrasi untuk masuk jalan toll tidak seberapa, sehingga setiap transaksi pembayaran akan ada uang kembalian. Jika pengemudi tidak memiliki uang pas, maka petugas akan sibuk memberikan uang kembalian. Inilah yang juga akan membuat antrian di jalan toll semakin mengular. Sudah macet, menunggu uang kembalian lama, dan ternyata uang kembaliannya keliru atau tidak sesuai jumlahnya. Ini akan membuat mood pengguna jalan toll menjadi tidak bagus.

Namun jika sudah menggunakan e-toll, tidak akan ada kesalahan dalam mendapatkan uang kembalian, karena tidak ada sistem uang kembalian. Uang yang dibayarkan berupa e-money yang secara otomatis akan membayarkan dengan uang pas.

Menunggu apa lagi, jika sudah ada kartu elektronik yang mudah untuk digunakan untuk melintas di jalan toll. Tidak ada alasan lagi untuk malas melewati jalan toll karena macet di gerbangnya, karena kini jalan toll memang benar-benar jalan tanpa hambatan dengan GTO. 
Previous
Next Post »