Tips Hemat Liburan Ke Jepang



Hari libur sekolah atau kerja sangat pas jika diisi dengan liburan. Apalagi liburan ke Jepang dengan wisata dan kulinernya yang sangat menarik. Banyak sekali yang bisa kita lakukan di Jepang. Mulai dari menikmati indahnya gunung fuji hingga melihat sakura yang berguguran. Tentu berlibur sehari saja tidak cukup, minimal berlibur ke Jepang sekitar seminggu untuk menikmatinya. Kira – kira berapa biaya liburan ke Jepang selama seminggu ya?

Tidak usah berpikir berlibur selama seminggu di Jepang akan menghabiskan banyak biaya. Karena kita tetap bisa berlibur kesana dengan hemat, asalkan mengetahui bagaimana tipsnya. Berikut beberapa tips hemat untuk liburan ke Jepang :

Tiket pesawat ke Jepang      
Banyak wisatawan asing yang masuk ke negeri sakura ini melewati Bandar udara Narita (NRT), Tokyo Haneda (HND), atau bandara kansai (KIX) di Osaka. Padahal jika kita datang ke Jepang melalui Bandar udara Osaka atau bandara Itami (ITM) bisa mendapat harga yang lebih murah. Harga tiket pesawat pulang pergi dari Indonesia ke Jepang sekitar enam juta rupiah hingga delapan juta rupiah. Tetapi, jika sedang ada promo, maka harga tiket bisa turun setengahnya.

Waktu favorit untuk wisatawan datang ke Jepang adalah haru (musim semi sekitar bulan Mei hingga Juni dan Natsu (musim panas sekitar bulan Juli hingga September). Karena pada musim itu cuaca akan sangat nyaman dan bunga sakura mulai bersemi. Oleh karena itu, harga tiket pesawat di waktu – waktu tersebut akan lebih mahal dibandingkan Fuyu (musim dingin sekitar bulan Desember hingga Februari).

Nah, jika kita ingin terbang dengan pesawat yang murah, lebih baik memilih berangkat di musim dingin. Tidak usah khawatir karena masih banyak tempat wisata di Jepang yang indah ketika dinikmati di musim salju.

Transportasi di dalam dan antar kota
Ketika mengunjungi beberapa tempat wisata di Jepang, kita bisa menaiki alat transportasi umum yang ada.  Misalnya kereta lokal, bus, taksi, ataupun persewaan mobil yang bisa mengantarkan kita keliling Jepang.

Salah satu cara hemat yang bisa dipilih adalah kartu Japan Railway Pass (JR Pass). Kita bisa menggunakan kartu ini untuk keliling tanpa batas di negeri  Jepang selama 7, 14, sampai 21 hari di jalur kereta Jepang. Misalnya harga tiket pulang pergi Tokyo ke Osaka adalah 29.000 yen, sedangkan JR Pass selama 7 hari hanya dikenakan 29.110 yen. Jadi, jika kita ingin untuk mengelilingi Jepang, lebih baik membeli JR Pass. 

Tetapi jika kita hanya ingin berkeliling di satu wilayah spesifik saja di Jepang, maka kita bisa membeli kartu regional pass dengan fungsi yang sama dengan JR Pass tetap hanya berlaku di daerah yang kita pilih saja.

Akomodasi di Jepang
Setelah menghitung tiket pesawat dan transportasi, selanjutnya yang perlu dihitung adalah akomodasi atau penginapan. Karena biaya transportasi di Jepang termasuk mahal, sebaiknya kita mencari penginapan yang dekat dengan pusat kota atau dengan objek wisata yang akan dikunjungi. Pilih saja hostel murah di Jepang, misalnya di Tokyo, kita masih bisa menemukan hostel dengan harga 2.000 yen atau sekitar 230.000 per malamnya di Shinjuku dan Shibuya.

Makanan
Ternyata biaya makan di Jepag cukup normal dan kita masih bisa menemukan makanan enak dengan harga miring. Jepang memang terkenal dengan berbagai kulinernya dan convenient store (konbini). Mulai dari onigiri, salad, hingga bento tersedia disini dan rasanya tidak kalah dengan yang ada di restoran. 
Previous
Next Post »