Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Mulai Investasi Apartemen


Memulai investasi apartemen di Jakarta memberikan prospek cerah di masa depan karena minat pasar yang makin meningkat pada properti ini. Bisnis properti di Indonesia kembali menunjukkan tajinya. Dari sekian banyak properti yang bisa dijadikan investasi, apartemen sebaiknya menjadi pilihan utama Kamu. Mengapa demikian? Investasi properti mumpuni mendatangkan keuntungan. Pun, saat ini sudah banyak juga masyarakat Indonesia, terutama di kota-kota besar yang beralih ke apartemen sebagai tempat hunian.
                                                             
Menjadikan apartemen sebagai hunian bukan hanya dilakoni oleh pekerja kantoran saja. Saat ini sudah banyak kaum keluarga yang mulai menjadikan apartemen sebagai tempat tinggal. Tujuannya, selain lebih praktis, tinggal di apartemen tersedia beragam fasilitas. Mau kolam renang, taman bermain anak, tempat makan, hingga jasa laundry, semua ada. Apabila Kamu melihat ke sekeliling, keberadaan apartemen tak lagi berpusat di jantung kota saja. Kini, sudah menjamur pembangunan apartemen yang mulai masuk ke pinggiran kota. Misalnya saja di daerah Tangerang Selatan. Kamu bisa menemukan lebih dari lima apartemen yang bercokol. Bangunan apartemen bisa terlihat di wilayah Ciputat, Bintaro hingga Serpong. Hal ini karena masyarakat mulai beralih dan memadati daerah pinggiran Jakarta sebagai pilihan tempat tinggal.

Ada dua metode investasi apartemen yang bisa Kamu lakukan untuk meraih keuntungan, yaitu sistem sewa dan jual beli. Pilihan pertama adalah menyewakan apartemen. Ini biasanya dilakukan oleh investor yang mengharapkan keuntungan berkala dari masuknya uang sewa per tahun. Keuntungan secara optimal dari metode ini dapat Kamu peroleh dengan penentuan tarif sewa yang tepat. Kamu bisa memulainya dengan menggali informasi di sekitar lokasi apartemen. Misalnya, karakteristik penyewa di area tersebut, kemampuan finansial calon penyewa dan tarif sewa standar di lokasi apartemen Kamu berada. Jangan lupa menghitung biaya-biaya yang akan dan sudah dikeluarkan untuk menyewakan apartemen.

Sedangkan untuk Kamu yang lebih memilih menjual unit apartemennya ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan untuk meraup keuntungan optimal. Kamu harus cermat menghitung besar biaya yang sudah dikeluarkan semenjak proses pembelian unit apartemen. Biaya tersebut meliputi pajak terkait jual beli apartemen, seperti Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Biaya Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), pajak atas barang mewah, akta jual beli, pertelaan, biaya balik nama, serta biaya perawatan. Setelah Kamu mengakumulasi biaya-biaya tambahan ini dengan harga beli, baru tetapkan harga jualnya.  Jangan sampai merugi karena tak jeli saat menghitung harga.

Membeli Unit Apartemen di Sun Rise Area
Melihat catatan Colliers di atas, performa apartemen, khususnya di area dengan permintaan tinggi dapat dijadikan peluang investasi. Untuk itu, Kamu yang mau memulai investasi apartemen murahdi Jakarta, pilih yang berlokasi di sun rise area. Sunrise area adalah sebutan bagi kawasan dengan prospek cerah lima tahun ke depan. Potensi cerah itu ditandai oleh tingkat pertumbuhan harga tanah yang melebihi rata-rata kenaikan harga pada umumnya, atau keberadaan fasilitas lengkap dan akses yang mudah. Di Jabodetabek, kawasan yang termasuk dalam kategori sunrise area adalah Kebayoran Baru, Tebet, Kemang, Serpong, Permata Hijau dan Simprug. Area tersebut dikatakan sunrise area karena lokasinya berada dalam lingkungan bisnis yang terus berkembang, terdapat fasilitas publik di sekitar lokasi seperti ruko, restoran dan factory outlet serta menghadirkan efek domino pembangunan berbagai pusat perbelanjaan elite di sana. Sementara daerah Serpong dan sekitarnya terus mengalami pertumbuhan bisnis. Serpong mulai digemari oleh kalangan profesional, pedagang, mahasiswa hingga eksekutif untuk dijadikan tempat tinggal. Pun, di kawasan ini Kamu mudah menemukan fasilitas publik mulai dari stasiun commuter line, rumah sakit, restoran, sekolah, hingga pusat perbelanjaan. Alasan ini juga yang memacu para pengembang berebut menggarapnya.

Performa Pengembang Apartemen
Di balik keuntungan merekah dari investasi apartemen, Kamu tetap harus berhati-hati menentukan unit apartemen yang hendak dibeli. Sebaiknya perhatikan dulu performa pengembang. Hal ini karena investasi yang Kamu keluarkan tidak bernilai kecil. Setelah melakukan riset kecil-kecilan mengenai performa pengembang, itu, Kamu juga wajib mencari tahu mengenai reputasi mereka. Cara termudahnya adalah melihat jaringan yang telah dibangun oleh mereka. Pengelola dengan reputasi baik  biasanya mempunyai jaminan kesuksesan memasarkan apartemen dan menaikkan nilai investasi di masa depan.

Jeli Membidik Segmen Pasar
Pertimbangan terakhir yang wajib Kamu lakukan ialah jeli membidik calon penyewa. Nah, cara ini sekaligus mempermudah investor menentukan dengan tepat lokasi apartemen pilihannya. Kawasan industri dengan banyak pekerja ekspatriat adalah salah satu contoh lokasi apartemen yang berpotensi menjadi lokasi investasi. Agar meraih keuntungan optimal, investor harus mampu mengukur kemampuan segmen pasar yang dibidik untuk tinggal di lingkungan tertentu. Informasi ini menjadi dasar penentuan harga jual atau sewa yang nantinya dibanderol. Kamu bisa melihat sekeliling juga, jika di sekitar apartemen incaran Kamu terdapat pasokan rumah tapak namun harganya mahal atau kuantitasnya minim maka segeralah berinvestasi apartemen di daerah tersebut. Apartemen Kamu bisa menimbulkan daya tarik bagi segmen pasar yang dibidik.


Jeli dan cermat merupakan kunci penting bagi kamu yang akan mulai investasi apartemen di Jakarta. Tiidak hanya dapat kamu jadikan sebagai tempat tinggal, namun bisa kamu jadikan sebagai investasi mulai dari disewakan atau dijual kembali beberapa tahun mendatang.
Previous
Next Post »