Inilah Pilihan Menu MPASI Untuk Anak Alergi

 

Memberikan MPASI untuk anak alergi memang satu hal yang menantang bagi seorang ibu. Untuk bayi yang memiliki riwayat alergi memang sedikit berbeda, memerlukan trik saat bayi akan makan. Hal ini bukanlah pilihan tapi satu hal yang mutlak. Sebab hanya dengan menghindari alergen atau zat yang menyebabkan alergi adalah cara untuk mengatasi alergi pada bayi.

Alergi merupakan kondisi tubuh seseorang bereaksi secara berlebihan terhadap lingkungan, bahan ataupun benda yang dianggapnya asing atau berbahaya untuknya. Sedangkan alergen adalah yang menjadi penyebab hipersensitivitas. Penyebab yang sangat umum seseorang mengalami alergi adalah berasal dari keturunan dan faktor lingkungan. Memang sebagian besar alergi disebabkan oleh faktor keturunan. Namun faktor lingkungan untuk saat ini juga sangat berperan.

Makanan lah yang memiliki peran paling besar penyebab alergi pada anak. Hal ini disebabkan oleh sistem pencernaan bayi yang masih belum sempurna. Saat orang tua sudah mengetahui jika buah hatinya memiliki riwayat alergi maka sebaiknya dalam masa pemberian makanan pendamping ASI harus menghidari beberapa makanan yang dapat menyebabkan alergi.

Lalu bagaimana cara mengatasi bayi yang alergi terhadap makanan tertentu? Jangan risau, ada beberapa menu MPASI yang dapat dapat Anda coba. Berikut adalah menu MPASI untuk anak alergi.

Biskuit Bayi Tanpa Telur Dan Susu Sapi

Menu yang bisa Anda coba adalah memberikan biskuit bayi tanpa telur dan susu sapi. Menu ini sangat cocok diberikan pada bayi yang mengalami alergi terhadap susu sapi dan produk olahan susu sapi lainnya. Walaupun di dalamnya tidak terkandung protein dan kalsium namun tetap mendapatkan asupan karbohidrat, protein nabati, dan glukosa dari menu ini.



Nasi Tim Beras Merah Daging Sapi

Bagi bayi yang alergi terhadap telur dan ikan bisa mencoba resep ini. Kandungan nutrisi beras merah lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih. Dalam beras diyakini terdapat kandungan serat, protein, magnesium, asam amino, zat besi, serta vitamin B dan vitamin A. Disamping itu bayi Anda juga akan memperoleh manfaat protein yang berasal dari daging sapi.

Bubur Ayam Bayam Merah

Resep ini dapat dijadikan pilihan tepat jika buah hati Anda mengalami alergi terhadap jenis daging merah. Untuk bayi yang alergi terhadap jenis makanan yang mengandung protein yang lain seperti halnya ikan, telur, kacang-kacangan, dan kedelai juga bisa untuk diberikan resep ini.

Tidak hanya menggunakan bayam merah saja, menu yang satu ini juga menggunakan beras merah yang sangat kaya akan kalori, serat, zat besi, dan protein, namun rendah gula. Disamping mendapatkan manfaat yang berasal dari beras merah, Anda juga akan mendapat asupan nutrisi yang kaya dari bayam merah.

Pure Kentang Daging Brokoli

Dengan mencoba resep ini buah hati Anda akan merasakan banyak manfaat dari kentang. Untuk itu resep ini sangat cocock pada bayi yang alergi terhadap jenis gandum, ikan, dan, kacang.  Kentang dipercaya memiliki kandungan antioksidan dan mineral yang cukup banyak di dalamnya. Disamping sebagai sumber karbohidrat kentang sangat baik untuk pencernaan karena kaya akan serat larut dan serat tidak larut.

 Selain mendapatkan berbagai manfaat dari kentang pada menu ini bayi juga akan mendapatkan asupan nutrisi yang berasal dari brokoli yang sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang buah hati Anda. Brokoli kaya akan zat antioksidan alami, asam folat, dan vitamin A.

Sangat mudah bukan membuat menu MPASI untuk anak alergi. Tak perlu dikhawatirkan, meskipun buah hati alergi terhadap jenis makanan tertentu, akan tetapi nutrisi yang seimbang tetap bisa diperoleh. Selamat mencoba, semoga buah hati Anda sehat selalu.
Previous
Next Post »