Makanan Sehat untuk Ibu Hamil agar Kebutuhan Kalsium Terpenuhi



Ada beragam jenis pilihan makanan sehat untuk ibu hamil. Setiap jenis makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil haruslah memiliki kandungan yang bermanfaat tak hanya untuk kesehatan ibu namun juga untuk perkembangan janin di dalam kandungan. Ibu hamil harus sangat selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi.

Ketika mengandung, wanita membutuhkan asupan kalsium yang lebih dari cukup. Dalam kondisi mengandung, ibu hamil akan kekurangan banyak kalsium karena perkembangan janin membutuhkan asupan kalsium yang cukup. Biasanya kalsium akan diambil paling banyak dari gigi dan tentu saja dari tulang.

Agar ibu hamil tidak kekurangan kalsium dan agar janin tetap mendapatkan asupan kalsium yang cukup maka perlu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kalsium. Kali ini kita akan membahas bahan makanan apa saja yang bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsum pada kondisi wanita yang sedang hamil.

Bahan Makanan Tinggi Kalsium untuk Ibu Hamil

Berikut adalah beberapa pilihan bahan makanan sehat untuk ibu hamil yang memiliki kandungan kalsium tinggi :

1.    Ikan

Daging ikan memang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain banyak mengandung omega 3 yang bisa membantu proses perkembangan otak pada janin, daging ikan juga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan kalsium pada tubuh ibu hamil. Salah satu jenis ikan yang disarankan adalah ikan salmon. 

2.    Daging Merah

Daging merah juga menjadi sumber kalsium yang sangat baik untuk ibu hamil. Namun, terlebih dahulu pastikan bahwa daging yang akan dikonsumsi tidak mengandung lemak. Selain memenuhi kebutuhan kalsium, daging merah juga akan menjadi sumber zat besi untuk ibu dan janin. 

3.    Sayuran Hijau

Sayuran hijau menjadi salah satu bahan makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Jenis sayuran hijau yang bisa menjadi sumber kalsium bagi ibu hamil di antaranya adalah brokoli dan bayam.  

4.    Biji-Bijian

Aneka jenis biji-bijian juga bisa digunakan sebagai sumber kalsium untuk ibu hamil. Biji-bijian yang sangat baik untuk ibu hamil di antaranya adalah kacang almond, kacang tanah, biji wijen, dan kacang kedelai. 

5.    Buah-buahan

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan setiap hari. Selain mengandung banyak vitamin yang baik bagi tubuh ibu maupun janin, beberapa jenis buah juga bisa menjadi sumber kalsium. Salah satu jenis buah yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi adalah pisang, alpukat, dan jeruk.

6.    Susu dan Produk Olahan Susu

Susu sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan kalsium bagi tubuh ibu maupun janin. Susu yang baik untuk diminum oleh ibu hamil tentu saja susu yang memang diformulasikan untuk ibu hamil. Banyak produk susu ibu hamil yang bisa anda temukan di pasaran saat ini.

7.    Produk Olahan Susu

Selain dengan meminum susu untuk ibu hamil, kebutuhan kalsium juga bisa dipenuhi dengan mengonsumsi produk olahan susu seperti yoghurt dan keju. Namun perlu diperhatikan bagaimana kandungan gula yang terdapat di dalam produk-produk tersebut. Jangan sampai ibu hamil mengonsumsi gula secara berlebihan karena bisa berdampak buruk untuk janin.

Itulah tadi beberapa pilihan bahan makanan yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan kalsium pada ibu hamil. Meskipun memang tinggi kalsium dan baik dikonsumsi, namun pengolahannya juga harus diperhatikan agar tetap higienis dan terjaga kandungan gizinya. Pastikan pilihan makanan sehat untuk ibu hamil terjaga kualitasnya dan bisa mengoptimalkan perkembangan janin.
Previous
Next Post »