Tips Dan Trik Membeli Aki Dari Toko Yang Jual Aki Agar Tidak Tertipu Dengan Aki Rekondisi


Aki memiliki peranan yang sangat besar dalam sebuah kendaraan bermotor karena aki menjadi sumber daya utama dalam menghidupkan sistem kelistrikan di kendaraan anda. Tanpa adanya aki, kendaraan anda tidak akan dapat menyala. Oleh sebab itulah sangat penting untuk memperbaiki aki ataupun menggantinya ketika aki milik anda sudah rusak dengan membeli aki yang baru di toko jual aki atau di bengkel langganan anda. Umur rata-rata dari sebuah aki mobil adalah 1-2 tahun tergantung dari sebanyak apa aksesoris yang menggunakan listrik yang anda tambahkan dalam mobil, misalnya seperti televisi, speaker tambahan dan lain sebagainya. Tentunya semakin banyak aksesoris yang anda pasang, semakin tinggi penggunaan listrik dalam mobil anda maka semakin cepat rusak pula aki mobil anda. Apabila anda ingin mendapatkan aki yang awet dan tahan lama, tentu anda harus mengurangi aksesoris mobil yang tidak diperlukan, merawat aki anda sebaik mungkin dan gunakan NS Battery yang sudah terbukti akan daya tahan dan performanya yang terbaik di kelasnya.

Namun karena harga aki yang biasa anda temukan di toko yang jual aki cukup mahal, tak jarang banyak pemilik mobil yang lebih memilih untuk menggunakan aki rekondisi. Harganya memang lebih murah, akan tetapi yang namanya aki bekas walaupun sudah diperbaiki seperti apapun, pasti memiliki kekurangan dan bahkan lebih berbahaya. Tidak ada yang tahu apakah aki rekondisi yang anda gunakan berada dalam keadaan yang bagus, oleh sebab itulah penggunaan aki rekondisi tidak dianjurkan apabila tidak dalam kondisi kepepet seperti misalnya anda dalam perjalanan jauh dan aki anda mati sedangkan tidak ada toko yang jual aki baru, hanya ada aki rekondisi. Maka tentu mau tidak mau anda hanya bisa menggunakan aki rekondisi. Namun apabila anda menggunakan aki rekondisi, jangan pernah mengharapkan performa dan umur aki seperti aki yang baru. Karena tentu saja performa dan umurnya akan berbeda dengan aki baru. Apalagi jika anda salah menggunakan aki rekondisi, anda dapat merusak sistem kelistrikan dalam mobil anda. Selalu cek voltase aki rekondisi yang akan anda beli sebelum memasangnya dalam mobil anda, voltase yang baik berada pada kisaran 12,3-12,6 volt.

Bila anda belum tahu seperti apakah aki rekondisi tersebut, aki rekondisi merupakan aki yang bekas yang sudah rusak namun diperbaiki kembali sehingga dapat digunakan. Jadi aki rekondisi bukan sekedar aki bekas saja, aki bekas yang layak pakai masih belum bisa disebut sebagai aki rekondisi. Agar anda dapat terhindari dari bengkel nakal yang jual aki rekondisi namun mengatakan pada anda aki tersebut adalah aki baru, anda harus mengetahui ciri-ciri dari aki rekondisi. Anda dapat memperhatikan bentuk aki tersebut, lihat aki secara keseluruhan mulai dari terminal hingga warna logo yang terdapat di samping aki. Terminal aki rekondisi biasanya sudah tergores, lalu cover nya melengkung dan menggembung. Dari tampilang, warnanya akan terlihat pudar karena aki rekondisi biasanya sudah dipakai dalam jangka waktu yang lama sehingga kondisinya menjadi kusam.

Aki basah menjadi jenis aki yang paling banyak dilakukan rekondisi, namun bukan berarti tidak ada aki kering rekondisi. Anda tetap harus cermat sebelum membeli aki jenis apapun di toko yang jual aki. Apabila anda tidak ingin mendapatkan aki rekondisi, jangan sampai tergoda dengan harga aki yang murah, karena harga aki yang terlalu murah atau di bawah standar harga aki biasanya patut dicurigai. Terutama bila anda membelinya di bengkel-bengkel kecil pinggir jalan. Namun ada juga aki rekondisi yang harganya hampir sama dengan harga aki baru. Terutama bila aki rekondisi tersebut masih memiliki performa 80-90% dari aki baru, biasanya harganya tidak jauh berbeda dengan aki baru. Karena itu, selain memperhatikan harga aki, anda juga harus memperhatikan hal lainnya seperti yang telah dijelaskan di atas. Garansi yang diberikan untuk aki rekondisi juga biasanya berupa tukar tambah dengan aki lainnya, dan itupun hanya memiliki garansi selama 3 bulan. Berbeda dengan aki yang baru, misalnya saja anda membeli NS Battery dengan seri NS Cheetah atau NS Jaguar di toko yang jual aki atau di bengkel, maka anda akan mendapatkan garansi 12 hingga 18 bulan tergantung dari jenis aki yang anda beli.

Jadi, masih tertarik untuk membeli aki dengan harga yang murah di toko yang jual aki? Sebaiknya anda sudah mengurungkan niat anda untuk membeli aki rekondisi. Daripada kelebihan, lebih banyak kekurangan dari aki rekondisi yang anda dapatkan. Lebih baik menggunakan aki baru, terutama aki kering dari NS Battery, tidak hanya daya tahannya yang tinggi, performanya pun sangat bagus. Anda tidak akan kecewa apabila menggunakan aki dari NS Battery.
Previous
Next Post »