5 Ciri Design Logo yang Baik untuk Bisnis Anda


Desain logo sangatlah dibutuhkan ketika Anda ingin meluncurkan sebuah produk dalam bisnis yang dijalankan. Seperti kita tahu bahwa logo memiliki fungsi yang sangat penting. Logo merupakan sebuah identitas. Logo membuat sebuah produk bisa dikenali oleh banyak orang. Dengan adanya logo, kita menjadi semakin mudah untuk memperkenalkan produk ke masyarakat.

Saat ini ada banyak sekali logo yang beredar di masyarakat. Tenaga kreatif yang bertugas membuat atau merancang logo juga semakin bertambah. Kreativitas memang sangat dibutuhkan dalam membuat sebuah logo yang baik. Karena ada banyak jenis produk yang beredar saat ini, logo yang bagus dan unik tentu saja sangat dibutuhkan.

Mungkin terlihat mudah, namun sebenarnya tidaklah mudah membuat logo untuk sebuah produk. Terkadang dibutuhkan waktu dan proses yang lama hingga bisa menciptakan sebuah logo yang tepat sesuai dengan produk yang bersangkutan. Tenaga profesional juga dibutuhkan untuk menghasilkan logo yang baik dan bisa dikenal akrab oleh masyarakat.

Ciri Logo yang Baik
Setiap produk bisa memiliki desain yang berbeda-beda. Supaya produk Anda bisa dikenali masyarakat dan menarik perhatian, logo yang baik sangatlah dibutuhkan. Lalu, seperti apa kira-kira sebuah logo yang baik itu? Apa saja ciri-ciri yang perlu dimiliki oleh sebuah gambar logo yang bagus?


Bagi Anda yang ingin merancang logo untuk produk Anda, berikut adalah beberapa ciri desain logo yang perlu Anda ketahui : 

1. Unik
Keunikan sangatlah penting untuk dimiliki oleh sebuah logo. Unik artinya logo tersebut berbeda dari logo-logo yang lain. Keunikan ini akan memberikan sebuah ciri khas. Artinya, logo tersebut belum pernah dipakai sebelumnya. Logo tersebut tidak sama dengan logo lainnya atau asli merupakan karya unik bukan merupakan hasil jiplakan.

2. Menarik
Sebuah logo juga harus menarik. Tujuan dibuatnya logo adalah agar masyarakat bisa tertarik dengan produk tersebut. Jika produk memiliki logo yang menarik maka akan memberikan dampak yang positif. Pastikan untuk membuat logo yang semenarik mungkin, bukan logo yang biasa-biasa saja dan mudah dilupakan.

3. Mudah Diingat
Sebuah logo akan jauh lebih baik jika mudah untuk diingat. Artinya, begitu sekali melihat logo tersebut orang akan terus mengingatnya. Saat melihat logo itu lagi orang akan langsung tahu logo apa itu dan produk apa yang dimaksud. Inilah fungsi dari logo sebagai sebuah identitas, agar orang bisa mengenali dengan mudah.

4. Menunjukkan Identitas
Sudah disinggung sebelumnya bahwa logo berfungsi sebagai sebuah identitas. Akan jauh lebih baik jika logo tersebut menunjukkan identitas yang jelas. Anda bisa memasukkan unsur-unsur nama dari produk atau merek dengan menggunakan inisial atau simbol tertentu. Intinya, tujuan logo sebagai identitas bisa tercapai.

5. Sesuai dengan Jenis Produk
Logo yang baik seharusnya sesuai dengan jenis produk yang bersangkutan. Meskipun ada juga beberapa logo yang menyimpang jauh dari jenis produk. Hanya saja, pasti ada sedikit unsur atau makna tersirat pada logo yang dibuat sesuai dengan jenis produk yang dimaksud. Jika logo yang dibuat sesuai dengan jenis produk maka orang juga akan lebih mudah mengingatnya.



Itulah tadi beberapa ciri yang perlu dimiliki oleh sebuah logo yang baik. Sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan profesional yang ahli membuat logo. Namun, Anda juga bisa berekspresi dengan membuat atau merancang logo Anda sendiri. Desain logo yang baik akan berpengaruh pada perhatian masyarakat dan bisa membantu meningkatkan angka penjualan.

Previous
Next Post »