Manfaat Cara Menyusui Bayi Secara Langsung



Cara menyusui bayi secara langsung memang tidak bisa dilakukan oleh para ibu yang berkarir. Penggunaan menyusui si kecil menggunakan botol menjadi pilihan dengan alasan kepraktisan. Tetapi, tahukah Anda bahwa menyusui secara langsung bisa memberikan banyak manfaat untuk perkembangan si kecil nantinya? Sebagai ibu, Anda wajib memperhatikan dampak pemberian ASI melalui botol termasuk mengetahui manfaat menyusui secara langsung berikut ini. 

7 manfaat cara menyusui langsung untuk perkembangan si kecil

Ada banyak manfaat menyusui bayi secara langsung bagi sang ibu antara lain membantu mengembalikan rahim ke ukuran semula, membakar kalori, menurunkan berbagai risiko kanker seperti kanker payudara dan ovarium. Bisa pula meminimalisir risiko terkena  penyakit diabetes.

Cara menyusui bayi secara langsung juga tidak perlu menggunakan alat pompa, botol dan jauh lebih higienis. Selain itu, cara alami ini bisa meningkatkan hubungan batin antara ibu dan anak.

Selain manfaat tersebut, menyusui bayi secara langsung juga bisa memberikan manfaat besar untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil sebagai berikut.

1. ASI mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan dalam perkembangan bayi. Di dalam ASI, terdapat nutrisi berupa protein tinggi, karbohidrat, lemak, karnitin, vitamin A, D, E dan K yang baik untuk si kecil. Kolostrum ASI pertama kali wajib diberikan sebab mengandung protein tertinggi atau asam amino yang jauh lebih lengkap dibandingkan susu perah. 

2. Meningkatkan sistem pencernaan si kecil lebih baik hingga terhindar dari penyakit diare dan sakit perut.

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh si kecil.

4. Bayi yang mengkonsumsi ASI bisa memiliki IQ yang jauh lebih tinggi dibandingkan bayi yang minum susu perah. 

5. Mencegah terjadinya bayi mengalami sindrom kematian mendadak yang sering terjadi pada bayi yang mengkonsumsi susu melalui botol.

6. Memiliki potensi melindungi bayi dari serangan penyakit asma, alergi, diabetes dan risiko obesitas.

7. Sangat dianjurkan untuk bayi yang mengalami kelahiran prematur.

Oleh sebab itu, dokter dan ahli medis menyarankan para ibu untuk memberikan ASI eksklusif untuk bayi hingga usia enam bulan paling minimal atau rentang waktu hingga usia dua tahun. Miliki buah hati yang tumbuh sempurna berkat pemberian ASI secara langsung. Anda juga bisa mendekatkan hubungan antara ibu dan anak lebih maksimal.

Adakah kelemahan yang dimiliki cara menyusui bayi secara langsung?

Sebenarnya cara menyusui bayi secara langsung tidak akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan Anda. Beberapa wanita menyusui mengungkapkan bahwa cara ini tidak begitu praktis saat si kecil rewel di tempat umum. Selain itu, Anda mungkin bisa mengalami ketidaknyamanan menyusui beberapa kali saat si kecil mulai tumbuh gigi yang sering menggigit putting payudara. Akibatnya putting payudara Anda mengalami lecet dan rasa sakit.

Menyusui secara langsung juga tidak bisa mengetahui ukuran minum si kecil dan Anda juga harus membatasi konsumsi makanan atau minuman tertentu yang bisa memberikan dampak negatif pada bayi. Anda tidak dianjurkan mengkonsumsi makanan pedas, kafein atau jenis obat-obatan yang bisa mempengaruhi kesehatan si kecil lewat ASI. Bayi yang menyusui secara langsung juga akan lebih sering makan sehingga mempengaruhi jadwal Anda sehari-hari. 

Meski begitu, kelemahan yang dimiliki merupakan tantangan tersendiri bagi para ibu untuk memberikan asupan makanan paling bergizi. Memberikan pengorbanan dengan memberikan ASI eksklusif secara langsung merupakan wujud kasih sayang dan cinta seorang ibu pada sang anak. Selama Anda mengaplikasikan cara menyusui yang benar, manfaat pemberian ASI bisa didapatkan secara maksimal kok.
Latest
Previous
Next Post »