Ingin Belanja Mudah dan Aman di Situs E-Commerce? Ikuti 5 Tips Ini


Berbelanja kini bisa dengan mudah kamu lakukan melalui situs belanja online atau e-commerce. Di situs tersebut, kamu bisa mendapatkan berbagai macam barang yang diinginkan dengan harga yang miring, seperti alat-alat rumah tangga, skin care, make up, pakaian, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga bisa menikmati fitur bebas ongkir. Fitur yang satu ini tentu saja bisa membuat kamu lebih menghemat budget.
Selain bebas ongkir dan harga yang lebih murah, proses transaksinya pun cukup praktis dan mudah. Kamu bisa menggunakan berbagai moda pembayaran, seperti m-Banking, uang digital, kartu kredit, minimarket, dan fitur pembayaran lainnya. Dengan adanya kemudahan transaksi ini, kamu bisa lebih menghemat waktu serta tenaga.
Meskipun begitu, kamu bisa saja merasa tidak aman dan nyaman saat berbelanja online. Saat melakukan transaksi dalam jumlah yang besar, indikasi adanya penipuan bisa sewaktu-waktu terjadi. Meskipun pihak situs belanja online sudah menjamin keamanan transaksi, tetap saja hal ini tidak bisa kamu anggap sepele.
Belanja Mudah dan Aman di Situs E-Commerce
Oleh karena itu, kamu harus mengetahui tips aman dan nyaman saat berbelanja online di situs e-commerce. Berikut ulasannya.
1.       Tidak tergiur produk yang sangat murah
Saat berbelanja di situs belanja Online, pastikan kamu tidak tergiur dengan harga yang murah. Produk dengan harga murah memang sangat menggiurkan, namun, hal tersebut berarti kualitasnya terjamin. Barang yang dipesan biasanya tidak sesuai dengan yang tertera pada gambar. Oleh karena itu, kamu harus lebih berhati-hati saat memilih barang yang diinginkan.
2.       Mengecek alamat web
Agar kamu bisa lebih aman dan nyaman, sebaiknya cek terlebih dahulu situs website E-Commerce yang akan digunakan. Jika situs tersebut dimulai dengan HTTP bukan HTTPS, sebaiknya kamu hindari karena tidak adanya lisensi “secure”. Selain itu, periksa juga kolom alamat website apakah terdapat simbol gembok atau tidak. Gembok tersebut digunakan sebagai indikator keamanan situs yang akan kamu gunakan.
3.       Membandingkan dengan situs lain
Saat memutuskan untuk berbelanja di e-commerce, sebaiknya kamu membandingkan dahulu situs yang satu dengan yang lainnya. Hal ini dikarenakan agar kamu bisa membandingkan produk serta harga barang yang diinginkan. Jika barang yang diinginkan harganya lebih murah di Situs A, maka gunakan situs tersebut. Dengan begitu, kamu pun bisa lebih menghemat budget, kan?
4.       Menyimpan bukti transaksi
Meskipun pihak e-commerce sudah mencatat dan merekam proses transaksi kamu, sebaiknya simpan atau screenshot bukti pembayarannya. Hal ini tentu saja untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pembayaran yang dibatalkan, pesanan yang dibatalkan, dan lain sebagainya. Dengan adanya bukti pembayaran ini, kamu tidak perlu takut uangmu hangus dan bisa mengklaim uangmu kembali kapan saja.
5.       Memilih cara pembayaran
Langkah yang terakhir yaitu memilih moda pembayaran. E-commerce umumnya menyediakan berbagai macam cara pembayaran, seperti melalui m-Banking, COD (Cash on Delivery), debit, kredit, minimarket, dan masih banyak lagi. Pilihlah moda pembayaran yang praktis, simple, dan aman, seperti melalui Cash On Delivery (COD). Dengan cara COD, kamu hanya perlu melakukan pembayaran saat barang sampai di tangan.

Itulah lima langkah aman berbelanja di e-commerce. Jika kamu ingin berbelanja bebas ongkir, gunakan situs E-commerce yang menyediakan fitur tersebut. Dengan adanya fitur gratis ongkir, maka kamu bisa lebih menghemat uang dan belanja tanpa minimal pembelian. Semoga artikel ini bermanfaat.
Previous
Next Post »