5 Kunci Meningkatkan Sistem Imuns untuk Lawan Infeksi Virus Corona



Angka kematian yang disebabkan oleh virus Corona semakin lama memang kian banyak, bahkan diprediksi nantinya bisa menelan jutaan jiwa jika tidak segera mendapatkan penanganan dengan tepat. Virus yang pertama kali berasal dari Wuhan ini memang saat ini sudah dinyatakan sebagai pandemi, karena memang penyebarannya sendiri sudah meluas hingga ke seluruh penjuru dunia, termasuk diantaranya adalah di Indonesia. Sehingga patut bagi kita semua untuk mengikuti aturan yang ada jika seandainya tidak ingin terserang Covid 19 ini.

Meskipun bisa dikatakan sebagai penyakit yang mematikan, namun sampai sejauh ini kebanyakan diantara korban yang meninggal dunia disebabkan oleh Covid 19 ini adalah mereka yang sudah berusia lanjut, kemudian juga memiliki penyakit pendahulunya dan sistem imuns atau memiliki kekebalan tubuh yang lemah. Bahkan tingkat kesembuhan juga tinggi, khususnya bagi pasien yang terserang penyakit tersebut, jika seandainya daya tahan tubuh atau sistem imuns yang dimilikinya kuat.

Untuk itu memang ada baiknya mencegah dari pada mengobati, salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk pencegahan adalah dengan meningkatkan sistem imuns, sehingga tidak mudah terserang atau terjangkit penyakit ini, yaitu:

1. Konsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang, bagaimanapun apa yang Anda makan ternyata berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh, sehingga nantinya tidak akan mudah sakit. Untuk itu sangat disarankan dalam mengonsumsi menu makanan yang sehat dan seimbang, makanan yang juga diolah secara bersih dan pastinya matang. Perbanyak konsumsi buah dan sayur, kacang-kacangan dan juga daging tanpa lemak yang bagus untuk tingkatkan imunitas.

2. Perbanyak konsumsi buah dan sayur yang kaya akan kandungan vitamin C, bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya vitamin C ini berperan sebagai senyawa untuk melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas dan juga virus-virus yang menyerang. Sehingga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit, termasuk diantaranya adalah Covid 19 yang sedang mewabah.

3. Istirahat secara cukup, istirahat juga memegang peran yang sangat penting bagi Anda di dalam meningkatkan sistem imuns. Orang dewasa setidaknya membutuhkan waktu istirahat atau tidur sekitar 7 hingga 8 jam setiap harinya, sedangkan untuk anak-anak sekitar 10 jam bahkan lebih untuk membentuk daya tahan tubuh, jangan remehkan hal ini.

4. Olahraga secara rutin, faktanya memang olahraga ini memang berperan penting di dalam membuat tubuh menjadi lebih bugar dan termasuk kunci untuk meningkatkan sistem imuns. Meskipun sebentar, namun ada baiknya untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan olahraga secara rutin, agar tidak mudah terserang penyakit.

5. Berjemur di bawah sinar matahari, bagi mereka yang jarang terkena sinar matahari akan lebih mudah sakit dibandingkan dengan yang sering terkena sinar matahari, karena sinar matahari ini mengandung vitamin D yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tulang dan juga meningkatkan kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, keberadaan dari sinar matahari ini sebenarnya juga bisa membunuh coronavirus yang menempel di tubuh Anda secara tidak sengaja karena bersentuhan dengan penderitanya.

Imbangi juga hal-hal di atas dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun ataupun memakai handsanitizer jika memang diperlukan. Tidak kalah penting hendaknya Anda juga membatasi bersentuhan dengan orang lain ataupun kegiatan yang membuat Anda harus berkumpul dengan banyak orang, karena resiko untuk terserang virus Corona juga sangat tinggi saat berada di kerumunan.

Previous
Next Post »