5 Tips Merawat Ponsel Pintar Agar Awet dan Tahan Lama


Handphone merupakan kebutuhan primer yang tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat era Millenial. Tak hanya sekadar alat komunikasi semata, ponsel pintar telah berubah sebagai perangkat mencari informasi, berselancar di media sosial atau menghasilkan uang dari genggaman. Jangan heran kalau kuota data menjadi hal yang sangat penting dewasa ini.

Gonta-ganti ponsel pintar bukan hal aneh lagi karena Anda bisa mendapatkan hp 2 jutaan yang memiliki fasilitas lengkap. Ponsel dengan harga terjangkau yang menawarkan aplikasi-aplikasi menarik, kenapa tidak? Agar Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mengganti ponsel lama dengan ponsel baru karena kerusakan, sebaiknya ketahui tips merawat ponsel yang baik berikut.

1. Membersihkan layar ponsel pintar
Tips memiliki ponsel yang awet dan tahan lama adalah rutin membersihkan bagian luar ponsel. Ada baiknya Anda selalu membersihkan layar dengan tisu kering atau menggunakan alkohol. Kotoran dan debu bisa menyebabkan layar mudah rusak apalagi masuk ke bagian kecil di samping layar ponsel.

Selain itu, sebaiknya Anda tidak meletakkan benda di atas ponsel yang bisa mengakibatkan goresan. Mencegah retakan atau layar pecah dengan memasang anti gores bisa menjadi pilihan tepat.

2. Mengisi daya baterai dengan baik
Kebiasaan mengisi daya baterai handphone hingga overcharge merupakan hal yang buruk. Baterai ponsel bisa mudah habis dan rusak dalam pemakaian jangka panjang. Selain itu, Anda juga tidak boleh mencabut ponsel yang belum terisi penuh atau 80 persen.
Sebaiknya pilih ponsel modern yang telah dilengkapi fitur memutus aliran listrik saat kapasitas baterai terisi penuh. Kalau Anda ketiduran semalaman pun, baterai ponsel tetap aman tanpa risiko overheat.

3. Memasang casing atau pelindung ponsel
Terkadang Anda mungkin meletakkan ponsel secara sembarangan di atas meja atau tempat tinggi lain. Risiko ponsel terjatuh dan mengakibatkan layar retak atau komponen tertentu rusak bisa saja terjadi. Oleh sebab itu, Anda bisa mengaplikasikan tips merawat ponsel yang baik dengan memasang casing atau pelindung ponsel. Anda bisa mendapatkan perangkat pelindung ponsel yang bervariasi di pasaran.

4. Hindari menyentuh ponsel layar sentuh saat tangan kotor atau basah
Untuk melindungi fungsi touchscreen yang sempurna, sebaiknya Anda menghilangkan kebiasaan menyentuh ponsel dengan tangan yang kotor. Bisa saja tangan yang basah atau licin membuat ponsel pintar terjatuh dari genggaman Anda.

5. Mengunduh aplikasi dari sumber jelas dan rajin melakukan backup data
Sebaiknya Anda tidak mengunduh aplikasi baik berupa file video, musik dan lain-lain dari sumber yang tidak jelas. Kebiasaan mengunduh aplikasi di sumber yang tidak jelas bisa mengandung virus yang merusak ponsel pintar Anda. Keamanan data Anda menjadi hal yang sangat penting di era digital. Banyak hacker yang mencoba meretas masuk dan mengambil data pribadi Anda untuk hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, penting melakukan back up data secara rutin agar semua file simpanan Anda aman. Anda bisa melakukan back up dengan memindah dokumen atau file ke dalam sistem penyimpanan SD card

Beberapa cara merawat handphone yang baik di atas bisa Anda terapkan di era modern. Ponsel sistem Android atau IOS terus melakukan perbaikan sesuai dengan perkembangan teknologi dan informasi yang sangat maju. Dapatkan hp 2 jutaan yang sudah mendukung aplikasi kekinian sesuai dengan kecanggihan jaman. Anda bisa memiliki ponsel yang awet dan tahan lama seiring dengan cara perawatan yang benar. Nah, sudahkah Anda membersihkan layar dan bodi ponsel kesayangan hari ini?

Previous
Next Post »